Review materi semester 3 Manajemen Industri Media Massa

 Nama : Aprida Zalsa Ms 

Prodi : Ilmu komunikasi-A 

Nim : 21041052 

Tugas review mandiri manajemen industri dan komunikasi pemasaran 


1. Manajemen media massa adalah proses mengatur, mengarahkan, dan merencanakan bagaimana media akan menyampaikan berita atau informasi kepada publik. Sedangkan dalam penerapannya manajemen media massa bertujuan untuk mengetahui animo masyarakat dalam keinginan membaca atau mengetahui informasi.Manajemen media massa memiliki makna sebagai ilmu yang mempelajari mengenai pengelolaan media dengan dilandasi dengan prinsip-prinsip manajemen yang sesuai dengan standar yang ada.

2. Peran manajemen media massa sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan khususnya perusahaan media massa dalam menghasilkan berita atau produk hiburan. Terjadi evolusi ekonomi diseluruh duniadunia. Yang dapat memungkinkan adanya akses informasi dimanapun dengan cepat. Dan harus lebih cepat bergerak mengikuti zaman. 

3. Regulasi media merupakan perangkat media massa yang memiliki peraturan, dimana semuanya diatur oleh Pemerintah dan beberapa badan yang membawahi media massa, peraturan diatur dalam hukun dan aturan yang sesuai dengan prosedur. Regulasi Media adalah aturan-aturan dan kebijakan yang berkaitan dengan yang mengatur hubungan dan operasional media massa, regulasi sangat penting bagi keteraturan dan keseimbangan hubungan media massa dengan pemerintah, masyarakat, sesama media massa dan media secara global. Di Indonesia regulasi diatur di dalam undang-undang dan beberapa kebijakan atau regulasi lainnya yang turut mengatur komunikasi di Indonesia, khususnya mengatur tentang media. Regulasi-regulasi tersebut adalah aturan-aturan dan kebijakan yang sangat penting bagi keteraturan dan keseimbangan hubungan media dengan pemerintah, masyarakat, industri media dan secara global media.

4. Secara umum media massa merupakan sarana penyampaian informasi dari sumber informasi (komunikator) kepada penerima informasi (komunikan). Masuknya informasi oleh media massa seperti menonton berita di televisi dan mendengarkan radio, hal ini membawa dampak atau pengaruh terhadap masyarakat dan menyebabkan media massa dapat sangat cepat diterima dan membuat masyarakat tertarik untuk berkembang juga melalui media massa tersebut.

5. Untuk lebih dapat menarik audiens atau penerima informasi, media massa yang ada di Indonesia perlu pembaharuan nuansa dan teknik pemberian informasi yang menarik kepada khalayak luas agar semakin banyak peminatnya. Dengan cara mengemas program informasi lebih menyenangkan namun bisa terlihat lebih efektif dan efisien sehingga para penerima informasi tidak merasa sia-sia dalam menyaksikan tayangan atau sebuah program. Karena media massa ini jika dilihat hampir setiap orang di dunia pada zaman sekarang pasti menggunakan yang namanya alat elektronik, baik itu televisi ataupun handphone dan gadget lainnya. Apalagi dizaman sekarang yang didominasi oleh kaum milenial dan generasi z yang aktif sekali menggunakan media massa. Dari situlah pengemasan harus pada media massa harus lebih moderenisasi dan mengikuti zaman namun tidak sama sekali membuat propaganda negatif terhadap informasi-informasi yang akan di layangkan kepada khalayak luas. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JAWABAN DAN PERTANYAAN MATKUL BAHASA INDONESIA SEMESTER 1